Eleng's Weblog

Kusertakan Dia dalam setiap nafasku

3 Hakikat Manusia Hidup


1.   Bersanding;

       Setiap manusia hidup pasti bersanding dengan makhluk ciptaan Allah disekitarnya. Mau tidak mau, suka tidak suka, senang tidak senang sudah kodrat ketika kita lahir akan bersanding dengan orang tua kita, ketika sekolah kita akan bersanding dengan teman sekolah kita, ketika bekerja kita akan bersanding dengan rekan kerja kita dan ketika kita butuh pendamping juga akan bersanding dengan istri kita. Walaupun pada dasarnya sebagai manusia kita menginginkan lebih, tetapi mau tidak mau kita harus ikhlas menerima takdir yang digariskan kepada kita. Namun demikian kita harus berusaha semaksimal mungkin menjalaninya dengan semangat dan keikhlasan demi mendambakan kebahagiaan yang hakiki.

2.   Bertanding;

       Ketika kita belum menjadi manusia, perjuangan berjuta-juta sel sperma yang memburu ovum untuk dibuahi dan menjadi zigot sebagai cikal bakal embrio yang pada prosesnya menjadi manusia, hanya satu sel saja yang memenangkannya. Sebagai manusia kita pasti akan berjuang semaksimal mungkin untuk mencapai cita-cita yang kita dambakan. Dengan tetap optimis kita pasti bisa, penuh semangat, siap berjuang dan berani dengan segala bentuk kebaikan tanpa melakukan perbuatan yang tidak terpuji. Jika kita ingin sesuatu tdk akan tercapai tanpa adanya perjuangan dan pasti ada orang lain yang menginginkan hal yang sama.

3.   Bersaing;

Dalam hal ini kita memerankan diri kita sebagai seorang makhluk citaan Allah yang akan senantiasa berlomba-lomba untuk mencari kebaikan hidup kita demi memperoleh ridho dari Allah. Ketika kita melihat orang lain sukses dan berhasil dalam menjalani kehidupan ini maka kita juga harus termotivasi bahwa apabila orang lain bisa, maka kita juga pasti bisa.

Dari ketiga hal tersebut diatas pada prinsipnya semua yang dilakukan oleh manusia bermuara untuk meningkatkan amal ibadah kepada Allah S.W.T.

….“Dan Tidaklah Aku Menciptakan Jin dan Manusia Kecuali untuk Beribadah Kepada-Ku “(Adz Dzariyat, 51: 56)…

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: