Eleng's Weblog

Kusertakan Dia dalam setiap nafasku

MENANAM PEPAYA Jilid I


     Bagaimanakah cara menanam Pepaya? itulah yang terlintas dibenakku ketika berlibur ke Cilacap dengan keluarga. Kala itu aku melihat beberapa batang pohon pepaya dipekarangan sebuah rumah.  Pohonnya tidak begitu tinggi dan besar tetapi buahnya, wooowww begitu besar dan panjang bila dibandingkan dengan buah pepaya yang selama ini saya temui. Ternyata buah pepaya banyak jenisnya, dan yang satu ini jenisnya memang berbeda. Kembali ke pohon yang ada dipekarangan! Karena saking kepingin mendapat buahnya, aksi mulai dilancarkan. Dan selidik punya selidik, dengan rasa percaya diri akhirnya buah bisa jatuh ketangan. Tapi jangan dikira ngambil dengan cara yang tidak halal, tetapi meminta kepada yang empunya dengan dalih untuk dimakan dan utuk dibudidayakan dirumah… heheheh…
Pelajaran pertama.
     Melihat buah yang begitu menggiurkan, langsung saja buah kita kupas dan dimakan. Ternyata rasanya tak seindah buahnya, kurang berasa segar dan manis. Rasanya masih belum bisa mengalahkan pepaya jenis Bangkok. Walau demikian tekat sudah bulat, saya harus bisa menanamnya. Isi buah dijemur dibawah terik matahari sampai kering dan dibungkus koran untuk nantinya dibawah pulang. Sesampainya dirumah! Eh maaf ternyata rumah mertua di Ngawi.! Hehehe.. Maklum itu adalah lokasi kebunnya.!! Sebelum menanam bibit pepaya yang disiapkan tadi, tidak lupa mampir ke depot pertanian yang menyediakan berbagai macam bibit tanaman untuk membeli bibit pepaya jenis Bangkok. Rencana ini dilakukan untuk antisipasi atau perbandingan apabila pada saat menanam nanti, bibit tidak berhasil tumbuh semuanya.
Pelajaran Kedua.
     Setelah lama menanti akhirnya datang juga waktu yang tepat untuk menanam. kebun yang akan dipakai untuk menanam merupakan kebun tempat menanam jagung dan kacang tanah. Untuk proses penanaman kita harus menunggu musim hujan tiba, karena kebutuhan air untuk menanam di kebun mengandalkan turunnya hujan. Tanpa pikir panjang proses penanaman dimulai. Sebelum menanam pepaya, kebun ditanami bibit jagung terlebih dahulu. Maklum selama ini belum ada yang pernah menanam pepaya. Selain tumpang sari juga untuk mengalihkan perhatian dari pertanyaan para petani tetangga. Malu kaliii..’
     Biji jagung ditanam seperti pada umumnya, Sedangkan biji pepaya kita tanam langsung ke media tanah dengan cara kita lubangi tanah sedalam ± 1 sd 2 Cm dengan lebar secukupnya, yang penting bibit bisa masuk. Jarak antar tanaman ± 1,5 sd 2 M. Tanah rata tanpa ada gulutan. Penanaman tanpa diberi pupuk sama sekali seperti cara menanam jagung.
Alhamdulillah penanaman perdana ini tidak berhasil karena curah hujan yang cukup tinggi, sehingga mengakibatkan bibit menjadi busuk.
Bersambung . . .

Single Post Navigation

One thought on “MENANAM PEPAYA Jilid I

  1. Pingin belajar nanam ppepaya…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: